720x90

Apakah Pengaruh HTTPS dan SSL Dalam Seo

Explosive master ,Halo sobat explor kita tahu desawa ini tentang maraknya penggunaan https atau ssl. Baik lokal maupun internasional banyak kita jumpai penggunaan tersebut. Terutama untuk sebuah website yang berbasis bisnis yang memiliki menu login hampir banyak kita melihat adanya penggunaan HTTPS. Lantas apa pengaruh HTTPS dalam seo ? Apakah website atau blog yang baik harus selalu menggunakan seo ?




Kita dapat melihat penggunan HTTPS terletak pada url jika umumnya url adalah HTTP maka situs yang memiliki ssl terupgrade menjadi HTTPS. Berikut ini adalah penjelasan tentang informasi HTTPS.

Apa itu HTTPS dan SSL ?

Adalah protokol transfer hiperteks yang merupakan versi aman dari HTTP yang dimana dalam protokol ini memiliki secure atau keamanan dalam mengamankan protokol yang di amankan. Terlepas dari HTTP maupun HTTPS terdapat www atau world wide web sebagai penyedia autentikasi dan komunikasi yang tersandi.

HTTPS menyandikan keamanan dari HTTP dengan SSL (Secure Socket Layer) atau protokol TLS ( Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut SSL dan TLS memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers dan man in the middle attacks. Dan pada umumnya port pada HTTPS adalah 443.

HTTPS dapatkah menjamin keamanan suatu website ?

Sebagai contoh saya pernah memiliki website MLM dan didalam website tersebut HTTP telah saya upgrade menjadi HTTPS alias telah saya security untuk keamanan. Apakah aman website tersebut ?
Nyatanya juga kebobolan malah foto sampul halaman depan di coret - coret oleh hacker dengan tulisan , Hey Admin Secure Your Site !!!!

Membuat website berkali-kali hingga 5x dengan model HTTPS dan menu login mengenaskan 5x juga terkena serangan hacker. Namun kali itu hacker ini baik hati ia memperingatkan tidak mengobrak abrik situs yang susah payah saya bangun itu. Lantas HTTPS dapatkah menjamin keamanan suatu website ?

Kini anda dapat menemukan jawabannya, jawabannya tidak dapat dari hacker. Karena menurut saya pribadi website yang baik dan aman adalah website yang diurus dan menu login memiliki verifikasi email. Secara sederhana SSL hanya melindungi data website dengan men-enskripsinya secara baik dari browser pemakai ke web server yang menerima informasi.

Pentingkah Penggunaan SSL ?

Tergantung dari otorisasi website anda, Jika website anda untuk hal penting yang dimana dokumen - dokumen harus terjaga rahasianya maka penggunaan HTTPS sangatlah dianjurkan. Jika hacker dapat masuk melalui login admin dengan mengintip chokie maupun exploit. Disini kegunaan SSL untuk mematahkan langkah tersebut.

Berbeda dengan penggunaan Website yang tidak begitu penting kegunaannya misal login hanya untuk menulis artikel , melihat informasi menurut saya HTTP pun tanpa SSL juga baik asal membuat menu login dengan 2 langkah menurut saya hacker akan kualahan. Tapi ada baiknya anda menggunakan SSL hal ini juga berfungsi sebagai menciutkan nyali para hacker dianggap anda benar-benar profesional dalam mengolah website. Untuk pemesanan atau upgrade HTTP ke HTTPS anda dapat order disini

Apakah Pengaruh HTTPS dan SSL dalam Seo ?

Kita tahu Seo yang baik adalah sesuai dengan Kebijakan Edsense dan Pedoman Webmaster yang dimana disitu disebutkan bahwa Seo yang baik artikel yang dibuat tidak dengan copy paste , konten yang disajikan dengan baik serta natural ketika visitor mencari dan menemukan artikel anda melalui search engin.

Jika dengan HTTP saja banyak teman teman blogger mampu menakhlukkan  Alexa dengan ranking yang mumpuni serta mudah di mesin pencari dalam pencarian menurut saya tidak ada pengaruhnya dalam hal ini. Pemain blogger yang tidak memiliki form login kadang tidak pernah memperhatikan atau fokus kepada SSL ini. Membuat konten semenarik mungkin maka Seo pun menjadi baik terhadap informasi website anda

Kita banyak mengetahui melalui catatan di atas dan untuk saat ini artikel yang baik yang Seo tidak harus HTTPS. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti Google akan menjadikan prioritas bagi pengguna SSL Certificate. Untuk anda yang mau mempersiapkan diri dengan upgrade SSL tidak ada salahnya mencoba  :D

Semoga bermanfaat artikel ini yang membahas tentang Apakah Pengaruh HTTPS Dalam Seo . Bila ada pertanyaan yang masih membebani sobat explor tentang artikel diatas kami bersedia untuk menerima saran dan pertanyaan sobat explor di menu Contact .
Oldest